POHON PINUS

Image result for pohon pinus

Tusam atau pinus adalah tumbuhan yang semuanya tergabung dalam marga Pinus. Di Indonesia penyebutan tusam atau pinus biasanya ditujukan pada tusam Sumatera. Pohon pinus banyak terdapat di hutan-hutan milik Perhutani. Tanaman pinus sengaja ditanam untuk dimanfaatkan kayu dan getahnya, serta konservasi lahan.Hampir semua bagian pohonnya dapat dimanfaatkan, antara lain bagian batangnya dapat disadap untuk diambil getahnya. Getah pinus dapat diolah menjadi bahan pengencer cat. Hasil kayunya bermanfaat untuk konstruksi, korek api, pulp, dan kertas serat panjang.

Kertas yang sering kita gunakan umumnya terbuat umumnya terbuat dari kayu atau lebih tepatnya dari serat kayu dicampur dengan bahan-bahan kimia sebagai pengisi dan penguat kertas. Kayu yang digunakan di Indonesia umumnya jenis pinus. Di mesin pembuat kertas, serat kayu ini dicampur dengan kayu yang berserat panjang contohnya pohon pinus.

 

Selain untuk membuat kertas, masih banyak manfaat lainnya dari pohon pinus. Keindahan dan aroma pohon pinus sangat menyegarkan. Aroma pinus juga digunakan untuk terapi. Namun ternyata, pohon pinus masih menyimpan manfaat lain untuk kesehatan.
Flavonoid dan vitamin C

Kulit pohon pinus dan daun jarumnya mengandung banyak vitamin C. Pohon pinus juga sarat akan antioksidan. Setelah diolah menjadi obat, ekstrak pohon pinus dapat memperlancar peredaran darah, menghilangkan rasa nyeri di lutut, dan obat untuk meningkatkan daya ingat pada lanjut usia.
Mengurangi stres

Penelitian di Universitas Kyoto Jepang menunjukkan bahwa berjalan-jalan di hutan pinus selama 15 menit per hari mampu menurunkan stres. Jika kita sulit menemukan hutan pinus, maka dapat diganti dengan menggunakan minyak esensial pinus atau cemara. Aroma pinus juga dapat menenangkan emosi.
Sembuhkan bronkitis

Kemampuan pinus tak hanya untuk menenangkan diri, tetapi juga bisa meredakan pilek, sinus, sesak napas,dan bronkitis. Caranya mudah, tambahkan tiga tetes minyak esensial pinus pada semangkuk air panas. Kemudian tutupi kepala dengan handuk, dan hirup aroma pinus melalui hidung dan mulut.
Redakan nyeri otot

Minyak pinus juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri otot. Caranya, tambahkan lima tetes minyak pinus dengan dua sendok minyak sayur. Lalu, pijatkan pada bagian otot tubuh yang nyeri.

 

Sekarang kita sudah tahu bahwa pohon pinus bermanfaat untuk kesehatan jasmani dan rohani serta untuk keindahan lingkungan.
Tulis dengan ringkas 5 informasi penting yang kamu temukan dalam teks di atas.

  • Pohon pinus dapat dimanfaatkan kayunya untuk konstruksi, korek api, pulp, dan kertas serat panjang.
  • Getah pinus dapat diolah menjadi bahan pengencer cat.
  • Ekstrak pohon pinus dapat memperlancar peredaran darah, menghilangkan rasa nyeri di lutut, dan obat untuk meningkatkan daya ingat pada lanjut usia.
  • Berjalan-jalan di hutan pinus dapat mengurangi stress.
  • Minyak esensi pinus bisa meredakan pilek, sinus, sesak napas,dan bronkitis

Apa yang akan terjadi kalau pohon pinus semakin langka?

Jika pohon pinus langka maka akan kekurangan bahan pembuat bubur kertas dan bahan pembuat minyak cat. Kelangkaan suatu jenis pohon tak lepas dari aktivitas perekonomian di sekitar pohon itu tumbuh. Bila pohon pinus ditebangi dalam jumlah banyak dan terus menerus tanpa ada usaha yang memadai untuk menanamnya kembali, maka dapat dipastikan satu jenis atau beberapa jenis pohon akan makin langka.

 

Apa kewajiban kita terhadap pohon pinus?

Kewajiban setiap orang tidak terlepas dari kedudukannya sebagai anggota masyarakat. Kewajiban tersebut mengandung arti bahwa setiap orang turut berperanserta dalam upaya memelihara kelestraian pohon pinus. Misalnya, peranserta dalam kegiatan penyuluhan dan bimbingan di bidang lingkungan hidup, penghijauan lahan tandus, dan tidak menebang pohon secara sembarangan.

 

Berikan contoh tindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian pohon.
Kita dapat menjaga kelestarian pohon dengan usaha-usaha sebagai berikut :

  • Tidak menebang pohon sembarangan
  • Melakukan tebang pilih artinya menebang dengan memilih ukuran dan usia tumbuhan.
  • Penanaman kembali tanaman yang telah dimanfaatkan atau peremajaan tanaman
  • Pemeliharaan tanaman dengan benar

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s